Headline News

header-int

Tiga Koperasi Raih Penghargaan Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan 2019

Rabu, 31 Jul 2019, 09:40:48 WIB - 32 | Eka Pebrina

Painan, Senin (29/7) -Tiga koperasi meraih penghargaan sebagai koperasi berprestasi tingkat Kabupaten Pesisir Selatan pada HUT Koperasi ke-72 tahun 2019. Koperasi itu adalah Lembaga Keuangan Mikro, Kecamatan Batang Kapas terbaik I, Koperasi Darul Mutmainah Painan terbaik II dan Koperasi Nelayan Jaya Bersama, Kecamatan Ranah Pesisir terbaik III. Penghargaan itu diserahkan langsung Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni didampingi Sekda, Erizon dan Kadis Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Azral di halaman kantor bupati.

Pada kesempatan ini, Bupati berpesan agar koperasi yang menerima penghargaan agar terus memperlihatkan kinerja yang bagus dan meningkatkan prestasi dimasa yang akan datang.
 
Lebih lanjut bupati mengungkapkan, tema HUT Koperasi 2019 yaitu "Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri dengan sub tema " Perusahaan Generasi Milenial Ya Koperasi".

Ia mengatakan, koperasi harus berkualitas dalam rangka mensejahterakan anggotanya. Koperasi juga merupakan wadah yang ideal untuk mencapai pemerataan kesejahteraan bagi seluruh anggotanya. Sesuai arahan pemerintah pusat, kedepannya pemerintah kabupaten setempat akan fokus pada pengembangan koperasi dengan berorientasi pada kualitas.
   
Selanjutnya, memberikan pembinaan kepada koperasi-koperasi yang kurang aktif agar kembali aktif dan mendorong berkembangnya koperasi-koperasi yang aktif.

Lebih lanjut dikatakan, semangat koperasi dan spirit gotong royong harus dijadikan sebagai salah satu pendorong bagi tumbuh kembangnya koperasi di yang ada di Pesisir Selatan. Karena, koperasi berperan penting dalam memajukan ekonomi kerakyatan.

Kunci pembangunan koperasi hendaknya pembina dan pengelola selalu mampu berfikir cerdas, bertindak tegas serta mau bekerja lebih keras agar manfaat koperasi kian dirasakan rakyat.

Sementara Kadis Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Pessel, Azral mengatakan, HUT Koperasi tahun 2019 ini menjadi momen untuk membenahi koperasi yang ada untuk meningkatkan kualitas, sekaligus memaksimalkan pembinaan terhadap koperasi-koperasi yang aktif.

Menurutnya, pembinaan koperasi terus dilakukan oleh Pemkab melalui Diskoperindag, sehingga koperasi menjadi sehat dan berkualitas. Dalam hal ini, koperasi melaksanakan fungsinya dengan baik, terutama untuk mensejahterakan anggota.

Ia menambahkan, saat ini jumlah koperasi di Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 300 unit, yang aktif sebanyak 120  unit dan koperasi yang sehat sebanyak 83 unit. Terhadap koperasi itu, pihaknya terus melakukan upaya pembinaan secara berkelanjutan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Koperindag Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Sekretariat Daerah. Follow Me : Facebook Youtube