Headline News

header-int

Rencana Pembangunan Pasar Semi Modern Surantih Akan Berbasis Shelter

Kamis, 25 Jul 2019, 21:59:32 WIB - 32 | Eka Pebrina
Rencana Pembangunan Pasar Semi Modern Surantih Akan Berbasis Shelter

Pessel -Pembangunan pasar semi modern di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, pada lahan seluas sepertiga hektare, direncanakan berbasis shelter.

Hal itu dikatakan Bupati Pessel Hendrajoni Kamis (25/7).

Disampaikan bahwa untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengunjung pasar yang ter masuk zona rawan tsunami, daerah itu berencana membangun pasar semi modern yang berbasis shelter.

"Untuk terwujudnya, maka pembangunan pertama akan dilakukan di Pasar Surantih Kecamatan Sutera. Namun, masih terkendalanya pembebasan lahan dan pembangunan masih belum bisa dimulai. Tapi setidaknya, kita mentargetkan bisa dimulai tahun 2020. 

Dia menyampaikan bahwa Pasar Surantih merupakan salah satu pasar yang masuk pada zona merah tsunami.

"Walaupun demikian, tidak tertutup kemungkinan pengembangan pasar semi modern berbasis shelter ini akan dikembangkan lagi pada pasar-pasar lainnya. Tentunya yang masuk pada kawasan zona merah  tsunami," Katanya"

Ditambahkanya bahwa sejak tiga tahun terakhir, daerah itu sudah membangun 26 unit pasar tradisional menjadi pasar semi modern.

Sementara itu, Camat Sutera Fakhrudin ketika dihubungi menjelaskan bahwa pihaknya bersama tokoh masyarakat dan ninik mamak Nagari Sutantih sudah beberapa kali melakukan pertemuan.

"Kita sudah melakukan pertemuan dengan ninik mamak dan tokoh masyarakat terkait pembebasan lahan untuk pembangunan dan pengembangan pasar semi modern berbasis shelter yang direncanakan di kecamatan ini. Namun belum mendapatkan kesepakatan dan kesimpulan.

Dijelaskanya bahwa saat ini tim dari tokoh masyarakat dan ninik mamak masih terus melakukan kajian terkait pembebasan lahan tersebut, sebab lahan yang akan dibebaskan sekitar 3000 meter persegi itu merupakan lahan milik nagari.

"Karena milik nagari, maka adanya kesepakatan bersama. Bila lahan itu mililik pribadi, maka urusannya akan lebih sederhana. Berdasarkan kondisinya, sehingga belum bisa mentargetkan kapan pembebasan lahan bisa tuntas. Sebab saat ini masih terus dilakukan musyawarah oleh tim.

 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Koperindag Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Sekretariat Daerah. Follow Me : Facebook Youtube