Headline News

header-int

Bupati Hendrajoni Serahkan Bantuan Modal Kepada Enam Wirausaha Pemula UMKM

Rabu, 31 Jul 2019, 09:52:48 WIB - 25 | Eka Pebrina
Bupati Hendrajoni Serahkan Bantuan Modal Kepada Enam Wirausaha Pemula UMKM

Painan, Senin (29/7)--Peringatan Hari Koperasi Nasional (HKN) ke-72 tingkat Kabupaten Pesisir Selatan yang diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati setempat.

Untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada masyarakat agar terus berinovasi dalam memajukan koperasi serta UMKM,  Pemerintah Daerah tidak hanya memberikan penghargaan terhadap koperasi-koperasi yang maju dan berkembang tetapi juga menyalurkan bantuan kepada Wirausaha Pemula.

Bupati Pessel, Hendrajoni usai memberikan penghargaan koperasi dan bantuan Wirausaha Pemula bagi UMKM mengatakan pihaknya terus melakukan dorongan kepada pelaku usaha, baik koperasi maupun UMKM agar terus meningkatkan usaha yang dilakukannya.

"Tujuannya agar mereka memiliki daya saing dalam menghadapi persaingan ekonomi yang semakin ketat. Kepada semua pengurus koperasi saya minta agar menjalankan aturan perkoperasian secara benar. Sedangkan kepada pelaku UMKM, diminta agar terus mengasah kemampuan dalam mengembangkan usaha yang dikelolah."

Disampaikan, bahwa untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada UMKM yang maju dan berkembang, pemerintah pusat melalui Kementrian Koperasi (Kemenkop) RI tahun 2019 menyalurkan bantuan kepada enam unit UMKM dengan masing-masing Rp 12 juta.

"Melalui bantuan ini, sehingga saya berharap usaha yang dikelola semakin berkembang. Sebab bantuan dalam bentuk hibah bisa dijadikan sebagai modal, serta melengkapi berbagai sarana dan prasana yang dibutuhkan terhadap usaha yang dikelolah.

Kepala dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustian (Diskop UMKM Perperin) Pessel, Azral didampingi Kabid Koperasi dan UMKM, Surmiani menjelaskan enam unit UMKM yang mendapatkan bantuan wirausaha pemula itu diantaranya, Desi Risandi dari Carocok Anau Ampang Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan.

"Desi Risandi dengan bantuan Rp 12 juta , memiliki usaha produksi kue basah. Selanjutnya Rosi Marlina warga Pulau Karam Ampang Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan, dengan usaha pengelolaan ikan kering, Sesmawati yang juga dari nagari yang sama dengan usaha pengelolaan ikan teri, serta Yasni Astuti, produksi rajutan tas."

Sedangkan dua orang lagi dengan masing-masing Rp 10 juta adalah Warnita, warga Nagari Koto Taratak Sutera. Dia ini melakukan usaha olahan makanan pilus keju.

"Dan yang terakhir adalah Martinis, warga Padang Laban Nagari Palangai Kecamatan Sutera dengan usaha yang digeluti adalah membuat makanan krispi ikan," jelasnya.

Dia berharap melalui bantuan wirausaha pemula itu, enam UMKM tersebut benar-benar bisa terus maju dan berkembang di masa datang.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Koperindag Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Sekretariat Daerah. Follow Me : Facebook Youtube