Headline News

header-int

Bupati : Wisatawan Bisa Singgah Di Sentra IKM Beli Produk Makanan Olahan Perikanan

Selasa, 02 Jul 2019, 14:39:35 WIB - 33 | Eka Pebrina
Bupati : Wisatawan Bisa Singgah Di Sentra IKM Beli Produk Makanan Olahan Perikanan

Pesisir Selatan-Para wisatawan yang datang ke Kawasan Mandeh nantinya bisa singgah untuk membeli oleh-oleh atau buah tangan di Sentra IKM Pengolahan Hasil Perikanan Nagari Carocok Anau, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Hal itu dikatakan Bupati Pessel, Hendrajoni disela-sela peletakan batu pertama pembangunan Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Pengolahan Hasil Perikanan di Nagari Carocok Anau, Kecamatan Koto XI Tarusan, Senin (1/7).

Bupati Pessel, Hendrajoni lebih lanjut menyebutkan,  bila pembangunan sentar IKM itu selesai, maka beberapa produksi perikanan akan diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat dan bergizi yang dapat dibeli langsung oleh para wisatawan sebagai buah tangan atau oleh oleh.

Adapun jenis olahan makanan dalam kemasan itu seperti  naget ikan, bakso ikan, ikan presto, sosis ikan, aneka kerupuk ikan, selai rumput laut, stick ikan, pizza ikan, dan aneka kudapan ikan lainnya.

"Ya, nanti di sentra IKM pengolahan hasil perikanan itu akan menghasilkan berbagai jenis olahan makanan dalam kemasan seperti  naget ikan, bakso ikan, ikan presto, sosis ikan, aneka kerupuk ikan, selai rumput laut, stick ikan, pizza ikan, dan aneka kudapan ikan lainnya. Olahan makanan serba hasil perikanan itu dijamin sehat dan bergizi," ucapnya.

Bupati mengungkapkan, wisatawan tidak hanya menikmati keindahan Kawasan Mandeh, akan tetapi juga bisa berbelanja di sentra IKM pengolahan hasil perikanan sebagai oleh oleh atau buah tangan untuk keluarga dan sanak famili di rumah.

Disebutkan, pembangunan sentra IKM pengolahan hasil perikanan sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi Kecamatan Koto XI Tarusan merupakan sentra perikanan yang memerlukan industri pengolahan sehingga hasilnya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Bupati berharap agar pelaksanaan pembangunan sentra IKM pengolahan hasil perikanan sebagai mana mestinya dan harus diawasi. "Saya ingin pembangunan sentra IKM pengolahan hasil perikanan  sesuai ketentuan dengan mengutamakan kualitas. Kemudian saya minta pihak terkait melakukan pengawasan dalam pembangunan sentra IKM pengolahan hasil perikanan tersebut," ucapnya.

Selain itu, pembangunan lain terus digenjot seperti pembangunan rumah nelayan, pasar modern, rehabilitasi rumah tidak layak huni, jaringan air bersih, jalan, dan lainnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pessel, Azral mengatakan, pembangunan industri bagian dari program nasional untuk meningkatkan daya saing produksi dan penguatan ekonomi masyarakat.

Terkait hal itu, maka sangat diperlukan percepatan pembangunan industri dalam upaya penguatan ekonomi. Kemudian satu kabupaten minimal miliki satu sentra IKM. Kini Pessel sudah mendapatkan anggaran untuk pembangunan sentra IKM yang dibangun di Nagari Carocok Anau, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Dikatakan, sentra IKM sudah menjadi kebutuhan untuk pengolahan hasil perikanan, meningkatkan daya saing pemasaran serta kualitas. Sentra IKM berdasarkan ketersediaan bahan baku seperti naget ikan, bakso ikan, ikan presto, sosis ikan, aneka kerpuk ikan, selai rumput laut, stick ikan, pizza ikan, dan aneka kudapan ikan lainnya.

Dijelaskan, pembangunan sentra IKM pengolahan hasil perikanan di Nagari Carocok Anau dilaksanakan melalui Dana Alokasi Khusus Kementerian Perindustrian dengan biaya sebesar Rp 30 miliar. Pada tahun 2018 dimulai pembangunan kantor pengelola dengan nilai Rp 1 miliar.

Pada 2019 ini mendapat alokasi dana Rp 14,5 miliar, sedangkan untuk tahap penyelesaian tahun 2020 pemkab telah mengusulkan ke pemerintah pusat yang membutuhkan biaya sebesar Rp 17 miliar, pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Koperindag Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Sekretariat Daerah. Follow Me : Facebook Youtube