Headline News

header-int

Revitalisasi Pasar Tradisional Mampu Tingkatkan Kenyamanan Masyarakat

Senin, 09 Sep 2019, 10:08:13 WIB - 8 | Eka Pebrina

Pesisir Selatan--Kenyamanan masyarakat untuk mengunjungi berbagai pasar tradisional yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan harus terus ditingkatkan.

Upaya itu dilakukan melalui program revitalisasi yang terus dikembangkan oleh pemerintah pusat ke daerah termasuk di tahun 2019.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pessel Azral, mengatakan bahwa tahun 2019 ini daerah yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan kembali  mendapatkan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp2,9 miliar.

"Anggaran sebesar itu digunakan untuk merevitaliasai dua unit pasar tradisional, yakni Pasar Indrapura di Kecamatan Pancungsoal, dan Pasar Siluat di Kecamatan Silaut. Melalui revitalisasi ini maka kenyamanan masyarakat untuk mengunjungi dua pasar tersebut akan semakin meningkat setelah selesai nantinya.

Dia juga menjelaskan bahwa di tahun 2019 ini, tiga unit pasar segera dioperasikan.

"Tiga unit pasar yang bersumber dari bantuan pusat diantaranya, Pasar Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pasar Kuok di Kecamatan Batangkapas, dan Pasar Kambang di Kecamatan Lengayang. Tiga pasar tersebut, kenyamanan bukan saja dirasakan oleh masyarakat yang berkunjung tetapi juga bagi pedagang itu sendiri.

Dia berharap dengan meningkatnya kenyamanan pada semua pasar tradisional, maka kunjungan masyarakat juga meningkat.

"Ini kita harapkan, sebab pasar tradisional merupakan kekuatan ekonomi di daerah. Bahkan ketika krisis ekonomi melanda, keberadaan pasar tradisional tetap kokoh. Dari itu kehadiran pasar tradisional perlu lebih diperkuat lagi. Salah satu upayanya adalah melalui peningkatan kenyamanan melalui berbagai sarana dan prasarana penunjang agar bisa bisa memenuhi Standar Nasional Indonesia.

Dia juga menyampaikan bahwa sebagai daerah yang tengah serius melakukan pembangunan bidang ekonomi, keberadaan pasar harus terbebas dari kumuh, becek dan sembraut, serta juga memiliki berbagai fasilitas yang standar.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Koperindag Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Sekretariat Daerah. Follow Me : Facebook Youtube