Headline News

header-int

Pessel Terus Maksimalkan Pengembangan UMKM Melalui Peran Jejaring

Jumat, 06 Sep 2019, 10:42:04 WIB - 13 | Eka Pebrina

Pesisir Selatan--Untuk memaksimalkan pengembangan ekonomi terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian setempat akan terus  membangun jejaring terhadap usaha yang dikembangkan oleh masyarakat.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pessel, Azral Selasa (3/9) dan menjelaskan bahwa melalui jejaring itu, produk yang dihasilkan oleh masyarakat akan didistribusikan secara baik bahkan harganya juga bersaing.

"Karena memberikan manfaat dan dampak yang sangat besar sehingga jejaring yang kuat bagi pelaku UMKM perlu diterapkan. Salah satu upaya yang dilakukan agar ini terwujud dengan mempertemukan pelaku UMKM dengan calon jejaringnya." .

Disampaikan bahwa untuk mewujudkan harapan itu, sehingga pihaknya di tahun 2019 melakukan kegiatan yang bisa mempertemukan pelaku UMKM dengan calon jejaring sesuai dengan potensi dan komoditi yang dihasilkan.

Menurut Azral, calon jejaring UMKM dipertemukan dengan pelaku UMKM adalah pengusaha, pemodal dan pihak terkait lainnya.

Melalui pertemuan itu, mereka akan bersaing secara sinergi dalam mengembangkan berbagai usaha yang digeluti untuk ke depannya.

Dijelaskan bahwa kegiatan itu dilaksanakan dengan cara menghadirkan pengusaha sebagai narasumber melalui sebuah seminar.

Nah dari sana akan terjalin sinergisitas antara pengusaha yang diundang itu dengan beberapa pelaku UMKM yang diundang.

Dari upaya yang sudah dilakukan pada tahun 2018 lalu, ternyata ada yang berlanjut hingga saat ini. Sehingga memberikan dampak yang positif terhadap pengembangan UMKM.

Dia menjelaskan bahwa tahun 2017 UMKM di daerah itu tercatat sebanyak 5.770 unit. Dari jumlah itu yang terdiri dari usaha mikro sebanyak 3.504 unit, kecil 2.160 dan usaha menengah 106 pula.

"Dibanding dua tahun lalu, jumlahnya mengalami peningkatan yang cukup besari. Sebab jumlah UMKM telah mencapai 6.800 unit hingga awal Januari 2019. Tapi angka ini masih terus kita mutakhirkan sampai sekarang." 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Koperindag Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Sekretariat Daerah. Follow Me : Facebook Youtube