Headline News

header-int

Peringkat Satu Di Sumbar, 115 Koperasi Telah Memiliki Sertifikat NIK

Kamis, 25 Jul 2019, 10:55:36 WIB - 29 | Eka Pebrina
Peringkat Satu Di Sumbar, 115 Koperasi Telah Memiliki Sertifikat NIK

Painan, Koperasi bisa dijadikan sebagai kekuatan ekonomi di daerah. Agar bisa terus tumbuh dan berkembang, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan terus melakukan dorongan kepada masyarakat, agar menghidupkan dan menumbuh kembangkan koperasi di daerah itu.

Harapan itu disampaikan karena bidang usaha yang memiliki nilai sosial bisnis itu, mampu bertahan ketika krisis ekonomi melanda bangsa Indonesia.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pessel, Azral melalui Kabid Koperasi dan UMKM Surmiani Selasa (16/7) bahwa kualitas sumber daya pengurus dan anggota koperasi perlu terus ditingkatkan.

Tujuannya agar semua koperasi yang ada akan tumbuh bisa maju, berkembang dan menjadi besar.

"Saat ini jumlah koperasi di Pessel ada sebanyak 300 unit. Dari jumlah itu, koperasi aktif sebanyak 122. Tapi dari 122 unit yang aktif itu, yang dinyatakan sehat sebanyak 83 unit, atau sebesar 68 persen. Agar koperasi yang tergolong pada kategori tidak sehat juga bisa sehat, eksis, dan berkembang, maka Diskop UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pessel,  melalui bidang koperasi terus melakukan pembinaan," jelasnya.

Dikatakanya bahwa untuk tahun 2019 ini, Pemerintah Daerah melalui Diskop UMKM Perdagangan dan Perindustrian terus melakukan berbagai program pembinaan kepada koperasi.

"Pembinaan atau pelatihan itu dilakukan untuk mendorong agar semua koperasi yang ada bisa terus maju dan berkembang," Upaya itu dilakukan, sebab pembinaan dan pelatihan terhadap anggota dan pengurus koperasi, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun sesuai dengan tanggung jawabnya pemerintah.

"Walau demikiam, kemandirian dari pihak koperasi itu sendiri dalam memberikan pembinaan kepada anggota dan pengurus, juga sangat diharapkan. Sebab banyak manfaat dan keuntungan yang akan dihasilkan melalui pelatihan itu," katanya lagi.  

Lebih jauh dijelaskan bahwa perkembangan dan kemajuan perkoperasian selalu dipantau di daerah itu. Tujuanya agar koperasi yang ada terevaluasi.

"Tim evaluasi itu bukan saja dari tingkat kabupaten, tapi juga provinsi. Sehingga bagi koperasi yang sehat akan diberi reward. Sedangkan koperasi yang tidak sehat akan diberikan pula pembinaan. Tapi bila tidak bisa dibina, maka koperasi yang bersangkutan akan kita bubarkan," ungkapnya.

Ditambahkan lagi bahwa program pembinaan tersebut bukan saja dalam bentuk pelatihan-pelatihan dan sosialisasi, tapi juga pembinaan dalam bentuk pengawasan dan pemberian penghargaan bagi yang berprestasi.

"Ini dilakukan setiap tahun, termasuk juga di tahun 2019 ini," jelasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa di tahun 2019 ini, jumlah koperasi yang memiliki sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) di daerah itu ada sebanyak 115 unit, dari 122 koperasi aktif.

"Berdasarkan jumlah itu, sehingga Pessel berada pada peringkat satu di Sumbar. Sebab dari 122 koperasi aktif itu, sebanyak 115 unit atau sebesar 94,26 persenya, memiliki sertifikat NIK," jelasnya.

Ditambahkan lagi bahwa beberapa program peningkatan kualitas kelembagaan koperasi yang juga dilakukan tahun 2019 diantaranya, pembinaan pengawasan dan penghargaan koperasi berprestasi, pelatihan akutansi, revitalisasi koperasi, dan sosialisasi prinsip-prinsip pemahaman koperasi.

"Kegiatan ini dilakukan pada semua kecamatan yang ada dengan peserta berasal dari koperasi-koperasi yang sehat atau yang selalu melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Sebab dalam memberikan penghargaan, Dinas Koperasi UMKM Perdagagan dan Perindustrian, memang mengacu kepada koperasi sehat, yang juga selalu melakukan RAT," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa pada puncak hari koperasi tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada 29 Juli 2019 mendatang, terdapat 2 unit koperasi yang akan mendapat penghargaan di daerah itu.  

"Diantaranya, Koperasi KPRI Sutera, dan Koperasi Primkopol. Selain di tingkat kabupaten. Dua koperasi ini juga mendapat prestasi di tingkat provinsi. Kita berharap pemberian pengharagaan ini bisa menjadi motivasi bagi koperasi lainya agar pula maju dan sehat sebagai mana dua koperasi ini," 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Koperindag Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Sekretariat Daerah. Follow Me : Facebook Youtube