Headline News

header-int

Pembangunan Sentral IKM Untuk Maksimalkan Pengolahan Potensi Perikanan

Kamis, 22 Agu 2019, 15:40:15 WIB - 16 | Eka Pebrina

Pesisir Selatan, (Rabu 21/8). Pembangunan Sentra IKM yang dibangun  bertujuan untuk memaksimalkan pengolahan hasil perikanan dan kelautan yang selama ini menjadi salah satu produk unggulan serta banyak digeluti masyarakat pesisir selatan, khususnya Di Kecamatan Koto XI Tarusan .

Kepala Dinas Koperindag Azral mengungkapkan pembangunan sentra industri kecil menengah (IKM) tersebut berasal dari bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian. 

"Dimana tujuan pembangunan ini agar sejumlah produk yang akan dikembangkan di sentra IKM yaitu produk basah seperti nugget, sedangkan produk kering berupa ikan asin, kerupuk, ampang bisa lebih maksimal ". 

Bahkan nanti untuk limbahnya juga akan dimanfaatkan untuk pembuatan pakan.Sebab Sentra IKM itu nanti akan didukung sarana dan prasarana yang memadai, mulai dari rumah produksi, gudang, sistem pengolahan limbah, mesin serta peralatan untuk menunjang aktivitas produksi agar dapat menghasilkan produk berkualitas.

Selain menyiapkan sarana dan prasarana produksi, Diskoperindag akan menyiapkan sumber daya manusia untuk mengelola sentra IKM dengan mengadakan pelatihan khusus kepada kelompok masyarakat sehingga produk yang dihasilkan benar-benar berkualitas.

"Sekarang pembangunan sedang dilaksanakan ,semoga setelah selesai pembangunan bisa membawa dampak ekonomi yang baik khususnya bagi nelayan di Kecamatan Koto XI Tarusan," 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Koperindag Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Sekretariat Daerah. Follow Me : Facebook Youtube